Haleluya. Selamat datang di rumah dunia maya Jaringan Doa Nasional Rajawali Gereja Pentakosta Indonesia. Tuhan Memberkati"

Minggu, 21 Oktober 2012

Berakar, dibangun, bertambah teguh dan bersukur

Oleh: Bpk Pdt Situmorang-GPI Sidang Negeri Lama, Labuhan Batu

Nats Firman Tuhan: Kolose 2:7
"....Hendaklah kamu berakar di dalam Dia dan dibangun di atas Dia, hendaklah kamu bertambah teguh dalam iman yang telah diajarkan kepadamu, dan hendaklah hatimu melimpah dengan syukur..."

Kita sudah lama mengenal Tuhan. Ada proses yang harus kita lewati yang menunjukkan bahwa kita mengalami perkembangan dan kemajuan dalam kualitas hubungan kita dengan Tuhan. Hubungan kita dengan Tuhan dari sejak mengenal-Nya akan dilanjutkan pada tahap mengakar.  Sama seperti pohon yang mula-mula dari bibit, bertumbuh menjadi bakal pohon, maka ada satu hal yang harus dia miliki bila ingin melanjutkan dirinya menjadi pohon kelak yaitu akar.  Tanpa akar, tidak ada kekuatan.

Apa yang dimaksud dengan mengakar atau berakar di dalam Dia? Kita menjadikan Tuhan menjadi sumber utama kekuatan kita untuk menjalani semua proses hidup.  Ada beberapa orang telah meragukan "akar sejati" sehingga mencari pertolongan kepada "akar" yang lain, misalnya kepada dukub, orang pintar sampai kepada berhala dan dewa-dewa.

Tetapi kita diajarkan untuk berakar di dalam Yesus saja. Semakin lama kita mengenal Tuhan maka harusnya semakin kuat akar dan sumber kemurahan Tuhan yang kita dapatkan. Ini ditandai dengan bagaimana dekatnya kita dengan Tuhan.  Megakar dengan Tuhan menjadikan kita kuat seandainya pun ada kesesakan yang menerpa hidup kita. 

Tahap selanjutnya adalah dibangun, direnovasi, diperbaiki, dikembangkan. Ibarat rumah, mulai dari pondasi sampai pada tahap selanjutnya.  Suatu rumah bisa direnovasi dan diperbaiki terus menerus supaya semakin cantik, semakin besar dan semakin nyaman.  Hidup kekristenan kita juga harus begitu, semakin dibaharui dari sehari ke sehari seperti kata paulus.

Selanjutnya adalah berambah teguh. Pohon yang sudah berakar dan sudah bertumbuh menjadi pohon yang kuat, maka dia akan bertambah teguh. Badai akan menjadi semcam olah raga atau pergerakan bagi si pohon. Iniah ciri yang bertambah teguh

Yang terakhir adalah mengucap sukur. Ucapan syukur harus menjadi barang yang OTOMATIS ada di dalam setiap orang Kristen yang sudah bertumbuh. Bersyukur adalah ciri orang yang memahami bahwa sumber segala sesuatu yang baik adalah Tuhan. Bersyukur adalah ciri orang yang rendah hati, orang yang bersukacita.

AKAR-DIBANGUN-TEGUH-SYKUR

HALELUYA!!!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar