Kita terpanggil menjadi pendoa. Haleluya

Selasa, 01 Oktober 2013

MENJADI PEMUDA KRISTEN RAJAWALI

Oleh: Desi Magdalena Malau

Pemudi GPI Sidang Jl Pangaribuan-Siantar
Pekerjaan: Mahasiswi
Juara II Kategori Renungan.

Yesaya 40 :29-31

Mereka Seumpama Rajawali yang naik terbang, dengan kekuatan sayapnya, Mereka berlari dan tidak menjadi lesu, Mereka berjalan dan tidak menjadi lelah ( ayat 31 b).

Dalam Alkitab, kata “rajawali” ada ditemukan sebanyak 32 kali. Hal ini hendak menjelaskan bahwa betapa luar biasanya sosok rajawali. Sebagai seorang Pemuda Kristen kita  tentunya layak belajar dari kehidupan seekor burung Rajawali.  Hal ini tentunya mengingat bahwa dalam diri pemuda banyak ditemukan berbagai potensi yang belum tergali secara maksimal. Sedikitnya ada 5 hal yang dapat kita pelajari dari Rajawali, adapun kelima hal itu:

1.    Burung Rajawali  Membangun Sarang  Dipuncak  Bukit Batu  Yang  Sulit Didatangi (Ayub 39:30-31)
Ada sebuah Kisah perlombaan lukis.

 Didalam event  didapatilah seorang peserta itu  sedang  melukis samudra yang luas yang sedang bergelora oleh ombak.  Sementara ombak yang terus bergelora, 
ditengah tengahnya ada batu karang dan diatas batu karang tersebut ada dua ekor burung yang  dengan tenang bercengkram.Pertanyaannya mengepa kedua ekor itu bisa mampu tenang dan bercengkram satu dengan yang lainnya? Jawabannya  tentu  karena kedua burung tersebut  tau bahwa mereka  sedang berada ditempat yang tepat yaitu batu karang yang teguh.

Adapun tujuan burung Rajawali membangun sarang puncak bukit batu agar dia bisa aman dari binatang pengganggu, yang bisa saja mengancam setiap saat akan kenyamanan mereka bahkan nyawanya. Saudara, Tuhan juga ingin kita seperti Rajawali. Dia ingin agar kita
tinggal dan juga berlindung  diatas bukit batu yang kekal yaitu Allah itu sendiri. Tidak ada jalan lain selain kita harus berlindung di  'Bukit Batu'  yaitu  'Batu Karang Keselamatan'  Yesus Kristus. Dengan demikian segala siasat si iblis yang bisa saja mengancam kita setiap setiap saat dapat   terpatahkan oleh kerena kita punya gunung batu tempat perlindungan yang teguh yaitu Tuhan Kita Yesus Kristus. Percaya atau tidak, setiap orang membangun sesuatu didalam hidupnya. Tuhan memiliki cara pandang sendiri. Dia berkata bahwa meletakkan iman dan pengharapan kita kepada diri sendiri, orang lain, atau di dalam segala sesuatu yang dunia tawarkan merupakan dasar yang tidak kuat. Sebaliknya, Dia ingin kita mempercayaiNya. Ketika kita meletakkan Dia dan FirmanNya, kita membangun diatas batu karang.

2.  burung  rajawali  terbang  diatas  badai  dia  mampu menerjang awan  yang  menerjang (ayub 39:30-31 ).

Salah satu kehebatan burung Rajawali yang tidak dimiliki burung lain adalah kemampuannya untuk terbang ditengah badai. Dia tidak pernah mengurungkan niatnya membuat sarang atau aktifitasnya yang lain oleh karena badai yang datang. Bukan hanya itu saja, dia bahkan mampu terbang dengan memanfaatkan badai yang datang untuk membawa dia terbang lebih tinggi melampaui burung lainnya. Saudara, dalam hidup inipun seringkali kita menghadapi  hal yang sama.  Bila ditanya tentang masalah tentu ada begitu banyak masalah yang bisa datang tanpa di undang. Masalah itu bisa saja oleh karena kesalahan kita, baik sadar atau tidak sadar.Dalam keadaan seperti ini, tidak sedikit pemuda kristen yang terbenam dalam masalah.

Seringkali mereka mengurungkan niat untuk terus melanjutkan studinya hanya karena ketiadaan uang dalam keadaan tertentu. Mereka memberhentikan usaha bisnis karena tertipu dalam satu atau beberapa proses transaksi. Dan sebagai kompensasinya, ada juga pemuda Kristen yang harus mabuk mabukan, hidup dalam sex bebas dan tindakan lainnya yang menambah kekecewaan kita. yang menjadi pertanyaannya adalah apakah seperti ini tipe seorang pemuda Kristen yang berhasil ? tentu tidak, bukan?.

Saudara, Tuhan ingin kita tidak terbenam dalam masalah kita. Dia ingin kita seperti Rajawali yang terus terbang menghadapi masalah bahkan mampu memanfaatkan masalah untuk mengingatkan kita bahwa ada Tuhan yang lebih besar dari masalah.  Karena tidak ada satu masalahpun yang terjadi diluar kendalinya Allah kita. Didalam Alkitab dicatat ada seorang yang mampu melewati masalah hidupnya. Dia adalah daud. Dalam ISamuel 30:6 dikisahkan bagaimana semua orang sudah menekan dia, dia bisa terbunuh tapi tidak takut karena dia menguatkan kepercayaannya kepada Tuhan dan sebagai akibatnya Tuhan memberikan kemenangan dalam hidupnya. Maukah saudara menang atas setiap persoalan yang saudara hadapi? kuatkanlah imanmu, hadapi masalah dan terbanglah diatas masalah sampai engkau melihat kemenangan lewat kemenangan berpihak padamu.

3.    Rajawali mempunyai mata yang tajam  (ayub 39:31-32).
Kelebihan lain dari seekor Rajawali adalah kemampuannya dalam  melihat mangsanya dibalik awan yang menutupinya. Dia juga mampu melihat arah dan tujuan kemana mereka harus pergi terbang. Sebagai seorang pemuda Kristen kitapun hendaknya harus punya
pandangan yang luas dan tajam. Memiliki Visi dalam hidup. Karena tidak ada keberhasilan tanpa Visi, demikian seterusnya tidak ada orang yang punya Visi yang tidak berhasil pada bidangnya. Tahukah saudara, banyak peristiwa besar dalam peradaban manusia di dunia ini tidak dimulai pada usia senja akan tetapi pada usia muda mereka. Didalam Alkitab ada Musa yang masih cukup belia dipakai Tuhan dengan satu visi membawa orang Israel ke tanah Kanaan. 

Yusuf pada Usia 40 Tahun berhasil menjadi raja di Mesir bahkan Tuhan Yesus yang hanya 32,5 tahun di Dunia ini mampu mempengaruhi peradaban manusia, itupun karena sebuah visi Keselamatan. Semuanya dimulai dan dilakukan  pada usia muda mereka. Dengan arti lain, masa muda adalah masa menabur dan masa tua adalah masa menuai. Apakah anda adalah seorang pemuda? Dan anda rindu ingin menjadi seorang pemuda yang berhasil, kuat dan tangguh? Milikilah Visi!!. Bagi anda yang saat ini belum memiliki visi berdoalah kepada Tuhan agar Tuhan menaruhkan beban Visi pada anda. Berdoa agar Tuhan memberikan kita kesempatan untuk menikmati segala kemuliaan yang sudah Tuhan sudah sediakan. FirmanNya dalam Efesus 1:18-19 menjanjikan bahwa setiap orang percaya akan mendapatkan pengharapan pengharapan baru bahkan kuasanya yang maha hebat itu akan dinyatakan bagi setiap kita yang percaya. Oleh karena itu, harapkanlah yang besar, kerjakanlah perkara perkara besar . Mengapa? karena Tuhan kita besar dan hebat kuasanya untuk menolong kita melebihi kekuatan yang  kita milki. Awan masalah boleh besar,tapi yakinlah bahwa hal itu tidak lebih besar dari Tuhan kita yang maha besar bahkan   hebat kuasaNya, hebat  melebihi segala kuasa yang ada di dunia ini.

4.    Burung  rajawali  berumur  panjang. 
Catatan sejarah mencatat bahwa umur rajawali adalah 120 tahun. Selain berumur panjang, burung Rajawali setiap tahun mengganti bulunya sehingga tampak selalu lebih muda. Sama halnya dengan kehidupan kekristenan kita, para orang muda lainnya bisa saja letih, lesu oleh beban hidup yang terus mendera dan tak kunjung selesai. Akan tetapi, kalau kita
Menanti nantikan Tuhan” maka kita akan seperti rajawali yang selalu mendapat kekuatan baru bahkan selalu baru setiap hari. Adakah hari-hari ini kita sedang mengalami kelelahan oleh karena kepenatan hidup yang tak kunjung selesai sampai hari ini?Nantikan Tuhan dan hiduplah dalam persekutuan yang erat dengan Tuhan  maka kita akan disegarkan, dipulih sehingga tampak selalu baru bahkan baru setiap hari.(II kor 4:16).

5.    Tuhan Mendidik Kita Seperti Induk Rajawali Dalam Mendidik Anaknya ( Ulangan 32:11-12 )
Induk rajawali menempatkan anaknya pada sarang yang penuh dengan makanan dan minuman yang enak dan lezat. Sampai tiba pada suatu masa anaknya dilatih untuk bisa hidup dewasa. Pada masa pendewasaan itu, induk rajawali ingin agar anak anaknya bisa terbang. bak layaknya seekor burung Rajawali dewasa. Pada masa inilah Induk rajawali mulai mematok dan mengubrak abrik sarangnya. Sesekali induk rajawali membawa anak anak terbang tinggi. Dalam posisi ketinggian yang menakutkan anak anak rajawali itu dijatuhkan oleh induknya.  Dikeadaan seperti ini tentunya anak rajawali akan merasa kalangkabut dan berusaha terbang dengan sayapnya yang belum tumbuh secara sempurna. 

Dan dalam kekalangkabutannya diapun pasti akan berpikir dan bertanya dengan teriakan yang kencang“ Ibu,Mengapa engkau tega melemparkan aku dari ketinggian ini dan membiarkanku seperti ini.” Induk rajawali itu tidak peduli dan membiarkannya sampai pada akhirnya ketika anak rajawali itu hendak terhempas ketanah. Sang induk rajawali itu dengan cepat mengangkatnya dan menyembunyikannya dalam sayapnya. Demikianlah anak Rajawali itu dilepaskan, diangkat secara berulang ulang sampai sang Anak Rajawali itu dapat terbang dengan sempurna.

Saudara, Tuhan pun juga sering mendidik kita seperti induk rajawali dalam mendewasakan anaknya. Seringkali dalam Proses pendewasaan yang dilakukan oleh Tuhan, kita merasa seolah olah Tuhan meninggalkan kita dengan segudang permasalahan hidup kita. Satu hal, kedewasaan sejati tidak datang bersamaan dengan usia atau pendidikan tapi lewat ujian dan pengalaman hidup. Ujian iman bukan suatu kemalangan tapi hal itu dipersiapkan bagi kita menurut tujuan dan waktu yang Tuhan tetapkan. Mungkin juga kita sering berkata” Tuhan,Mengapa engkau meninggalkan aku?” Mengapa Engkau sangat kejam, aku sudah baik ke gereja tapi hasil/buah tanganku tidak seperti yang aku harapkan.” dan berbagai bagai pertanyaan kekalutan hidup lainnya.Satu hal yang harus tetap kita ingat bahwa Tuhan seringkali melakukan hal tersebut bukan karena Dia meninggalkan kita tapi hendak mendidik kita supaya kita semakin dewasa.  bahkan mampu menjadi pribadi yang mendewasakan orang  lain disekitar kita.

1 komentar:

  1. Men Tv2-4.4G - Titanium Art
    Men Tv2-4.4G is the largest copper titanium easy flux 125 jewelry system for jewelry in North America. The Tv2-4.4G is an aftershokz trekz titanium integral race tech titanium part of the titanium key ring Men's Collection. titaum

    BalasHapus