Kita terpanggil menjadi pendoa. Haleluya

Minggu, 22 Juli 2012

PERSEMBUNYIAN GUNTUR

Oleh Rev Dr MH Siburian, M.Min, Pendeta Umum Gereja Pentakosta Indonesia, di Batam 22 Juli 2012

Ayat FT: Mazmur 81:8
"Dalam kesesakan engkau berseru, maka aku akan meluputkan engkau; Aku menjawab engkau dalam persembunyian Guntur, Aku telah menguji engkau dekat air meriba, Sela” 

Persembunyian=> No body knows
Pernyataan ini berasal dari pengalaman, , orang tidak suka dengan Guntur, tapi itulah yangdiangkat pemazmur untuk mencontohkan KECEPATAN TUHAN, KEKUATAN TUHAN DAN KELUARBIASAAN TUHAN yang bisa dinikmati manusia. Seperti permainan selancar, semakin besar ombaknya maka semakin senang orang yang yang memainkan selancar tersebut.

Tuhan susah diprediksi, Seringkali Dia bertindak diluar rasional kita, seringkali Dia menambahkan kepada kita kesulitan-kesulitan yang nyaris sulit kita terima sebagai orang percaya. Sama halnya seperti DAUD, dia memiliki banyak ke istimewaan dan kelebihan, tapi dia juga seringkali ,mengalami hal-hal yang sulit dia mengerti dan Daud seakan-akan ditinggalkan Tuhan, sehingga orang bertanya kepada dia “Dimanakah Allahmu?”

Ada satu jalan yang harus kita lalui dan seakan akan kita tersesat, tapi justru disanalah Tuhan menyatakan caraNya dan memproses kita menjadi orang yang kuat dan di berkati,seperti bangsa Israel yang harus berjalan selama 40 tahun untuk mendapatkan tanah perjanjian itu.

Tuhan menyatakan caraNya dari keadaan yang kita sukai dan di sukai, dari yang kita mohon dan yang tidak kita mohon dan semua itu harus kita lalui. Untuk mengerti smua kejadian-kejadian dalam hidup kita, kita harus belajar tentang karakteristik Tuhan ( Dia tidak mau di dahului) dan belajar untuk menjalin hubungan yang baik dengan Tuhan. Harus ada jembatan antara kita dengan Tuhan.

Doa adalah jembatan yang menghubungkan kita dengan Dia. Tuhan menginginkan kita berdoa secara spesifik, walau sebenarnya sebelum kita berdoa Dia sudah tau apa yang harus Dia lakukan untuk kita / Just before you say anything, He has Knows, (YESAYA 65:24: Maka sebelum mereka memanggil; AKU sudah menjawabnya; ketika mereka sedang berbicara, aku sudah mendengarkannya”) => dan bukan berarti kita jadi tidak berdoa tapi Dia menginginkan supaya kita berdoa tanpa henti-henti (pray without ceasing).

Kita memiliki keterbatasan untuk mengucapkan apa yang dipikiran kita, namun Dia akan menolong kita untuk mengucapkan yang tidak terucapkan oleh kita. Pertolongan datang tepat pada waktunya, dalam keadaan suka atau tidak suka, ketika Tuhan menjawab dari persembunyian Guntur maka kamu akan kaget karena terkadang Dia memberikan apa yang tidak pernah kamu minta. Allah itu penuh dengan misteri, ada banyak cara yang Dia lakukan untuk menyatakan KeluarbiasaanNya, sperti ketika Dia menyembuhkan orang buta, ada dengan cara spontan, ada dengan cara berbicara dan ada dengan cara meludahi. Tuhan itu kadang bertindak dengan sangat misteri, hanya kerjakanlah bagianmu maka Dia juga akan mengerjakan bagianNya, kita tidak perlu kuatir akan hidup karna DIA Maha mendengar.

Dia mempedulikan hidup kita, Dia memproses dengan banyak hal namun Dia juga akan menjawab karena Dia tidak pernah salah untuk menjawab kita. Selalu ada alasan bagi Tuhan untuk mempercepat atau memperlambat dan kita harus tetap beriman bahwa Dia akan menjawab dari persembunyian Guntur.

HALELUYA!!!

1 komentar: